7 Tips Cara Jaga Jantung Sehat

7 Tips Cara Jaga Jantung SehatMemiliki jantung sehat harus menjadi impian bagi semua orang. Dengan hati yang sehat, tubuh yang sehat juga. Hal ini karena hati merupakan organ yang sangat penting bagi tubuh kita. Jantung memompa darah yang mengandung nutrisi ke seluruh organ tubuh. Saat ini, penyakit jantung tidak tahu usia, orang-orang muda bisa terkena penyakit jantung. Untuk itu, mengetahui langkah-langkah apa yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung.

Penyakit jantung masih menjadi penyebab utama kematian bagi pria dan wanita. Salah satu tindakan pencegahan yang bisa dilakukan adalah menghindari faktor risiko yang diketahui dan gejala. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga jantung agar tetap sehat:

1. Menjaga kolesterol
Kolesterol merupakan bagian penting dari tubuh memproduksi membran sel sehat dan beberapa hormon. Tapi jika terlalu banyak dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan serangan jantung koronen. LDL (kolesterol jahat) yang terlalu banyak dalam darah dapat membentuk plak di arteri yang membuatnya kurang fleksibel. Jika arteri menyempit, serangan jantung atau stroke bisa terjadi.
Lemak jenuh dengan mudah berubah menjadi “kolesterol jahat” bahwa risiko penyakit jantung koroner. Anda harus mengamati. Kulit unggas, daging merah dan susu murni mengandung banyak lemak jenuh. Perbanyak makan seafood yang kaya omega-3, dan sayur-sayuran dan buah yang kaya serat dan vitamin. Pilih susu rendah lemak.

2. Berhenti Merokok
Banyak penelitian menunjukkan merokok merupakan penyebab utama penyakit jantung koroner, karena dapat meningkatkan tekanan darah dan darah cenderung menggumpal. Perokok risiko penyakit jantung adalah 2-4 kali lebih besar dibandingkan non-perokok. Jika setelah operasi bypass masih merokok, risiko masalah jantung berulang.

3. Melakukan aktivitas fisik secara teratur
Kegiatan seperti berenang, berlari, bersepeda, menari atau berjalan dapat membantu menjaga jantung tetap sehat. Menurut American Heart Association, orang berusia di atas 18 tahun harus mendapatkan 30 menit aktivitas fisik minimal 5 hari seminggu.

4. pola makan sehat dan seimbang
Diet yang tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung. Diet sehat di sini memiliki penekanan pada lemak sehat, buah-buahan dan sayuran, dan makan kacang-kacangan seperti almond, walnut dan pistachio setiap hari.

5. Konsumsi ikan 3 kali seminggu
Ikan seperti salmon, tuna dan mackerel memiliki asam lemak omega-3 yang dikonsumsi 3 kali seminggu baik untuk memerangi penyakit jantung. Keseimbangan antara omega-3, omega-6 dan omega-9 adalah kombinasi yang kuat untuk mengurangi penyakit jantung.

6. Menjaga berat badan yang sehat
Memiliki berat badan yang sehat dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, bahkan pengurangan berat badan sedikit membantu menurunkan risiko. Kehilangan 10 persen berat badan secara signifikan menurunkan tekanan darah dan risiko diabetes merupakan faktor risiko untuk penyakit jantung. Menjaga berat badan yang sehat adalah untuk menyeimbangkan pengeluaran energi melalui kegiatan olahraga dan sehari-hari dengan kalori yang dikonsumsi.

7. Mengukur tekanan darah secara teratur
Tekanan darah tinggi terus menerus dalam jangka waktu lama dapat merusak jantung dan pembuluh darah. Mayo Clinic merekomendasikan orang dewasa untuk memeriksa tekanan darah setiap 2 tahun. Selain itu harus diimbangi dengan perubahan gaya hidup seperti mengatur asupan natrium, aktivitas fisik secara teratur dan melatih diri untuk melakukan meditasi dan yoga sebagai cara untuk mengelola stres dengan baik.

Sumber : looven blogspot com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s